Minggu, 01 Januari 2012

PENYEGAR MULUT

PENYEGAR MULUT


Sering dengar kata-kata : "Iiiih, nafasnya bau naga.." tapi yang bersangkutan malah tidak merasa. Saya sendiri sering berhadapan dengan orang-orang yang mengeluarkan "bau naga" tersebut. Gosok gigi? sudah, makan pete dah minggu lalu, trus karena apa ya?
Menurut buku yang saya baca, sekitar 90% bau mulut atau halitosis bisa disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. selebihnya, bisa diakibatkan penyakit kronis yang berhubungan dengan Telinga, Hidung, Tenggorokan, seperti penyakit sirosis hati, bronkhitis, sinusitis, peradangan gusi, peradangan tonsil, penyakit saluran pencernaan maupun diabetes. Bisa juga karena penyakit maag. Untuk mengatasi bau tak sedap tersebut coba resep dibawah ini:

  • Makan beberapa irisan mentimun sehabis makan, napas akan terasa segar
  • Berkumur dengan air perasan daun sirih. Caranya: 3 helai daun sirih dicuci bersih. Seduh dengan air yang hangat. Biarkan hingga zat-zat aktif yang ada dalamnya larut dalam air. barulah di pakai buat kumur-kumur
  • Makan lalapan daun selasih.
  • Ambil sebutir biji pinang, iris tipis. Rendam dalam air panas dan gunakan airnya sebagai penyegar mulut.
  • Seduh 30 gram biji adas dengan air panas. saring airnya dan gunakan untuk kumu.

Ada yang bilang, kalau untuk menghilangkan bau mulut karena habis makan jengkol, nggak susah, makan aja pete  hehehe.... jadi baunya berubah nggak bau jengkol tapi bau pete.





   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar