Jumat, 13 Januari 2012

KHASIAT LOBAK PUTIH

LOBAK


Lobak Putih
Siapa yang belum pernah lihat lobak? Umbi yang berbentuk batang memanjang dengan ujung runcing berwarna putih atau merah. Biasanya dimanfaatkan untuk sayuran. Umbi lobak mengandung methanethiol, vitamin A, B1, B2, C, mineral besi, kalium, fosfor, lemak, enzim distase dalam jumlah banyak.

Karena kandungannya itu, lobak dapat digunakan untuk menghalangi penumpukan lemak dalam jaringan tubuh. Dengan demikian lobak dapat digunakan untuk mengatasi jerawat yang biasa timbul di permukaan kulit. Kandungan methanethiol lobak berkhasiat antikanker. Kalium pada lobak berkhasiat mengencerkan dahak, melancarkan air seni, menurunkan demam.

Lobak banyak mengandung zat besi dan magnesium. Kedua mineral itu memiliki kemampuan melarutkan lemak dalam sel tubuh, membuangnya, dan membentuk lingkungan cairan yang tepat yang diperlukan untuk kesehatan jaringan.


PENGOLAHAN DAN PENGGUNAAN


1. Menangkal stress

Bahan dan cara membuat:
Lobak satu buah di cuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya terus di jus. Tambahkan air jeruk nipis dan sedikit gula. Minum ramuan ini sekaligus sekali sehari.

2. Darah tinggi (hipertensi)

Bahan dan cara membuat:
Lobak dicuci bersih, diparut, diperas dan disaring airnya. Air perasan diminum sekaligus. Minumnya 2x sehari @1/2 gelas, selama seminggu.

3. Batuk (tussis), batuk rejan (kinkhoest)

Bahan dan cara membuat:
Lobak merah satu jari dicuci bersih, diparut, diberi air matang 2 sendok makan, diremas-remas. Ramuan diperas, disaring, airnya diberi madu secukupnya, lalu diminum sekaligus. Minumnya 2x sehari dengan takaran sama.

4. Kencing batu

Bahan dan cara membuat:
Lobak 2 buah dicuci bersih, diiris-iris tipis, lalu dimakan sebagai lalaban pada waktu makan nasi. lakukan itu 2 - 3x sehari dengan takaran sama.

5. Memperhalus rambut

Bahan dan cara membuat:
Satu buah lobak besar dicuci bersih. Potong menjadi 20 potongan kecil, kemudian dijus secara perlahan. Hasilnya kira-kira satu cangkir. Rasa jus lobak akan lebih enak bila dicampur dengan seledri, piterseli, bit, wortel dan beras. Jus diminum sekaligus sesudah makan secara teratur.

6. Mengatasi Jerawat Pakai Lobak

Bahan dan cara membuat:
Lobak dicuci sampai bersih. Setelah itu disiram air panas, kemudian di parut.Hasil parutan dioleskan pada bagian muka yang berjerawat. Diamkan selam 3 menit. Selanjutnya dibilas sampai bersih.













Sumber: Buku Taman Obat Keluarga







Tidak ada komentar:

Posting Komentar